Pemerintah Kabupaten Ketapang Torehkan Dua Rekor MURI pada rangkaian acara Napak Tilas 2023

Minggu, 22 Oktober 2023 | Bapenda Ketapang

268 viewer

bapenda.ketapangkab.go.id - Pemerintah Kabupaten Ketapang Torehkan Dua Rekor MURI pada rangkaian acara Napak Tilas 2023

Bapenda Ketapang - Sebanyak 6.311 penari Puteri Junjung Buih Kabupaten Ketapang berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Para penari tersebut tercatat dalam Muri dengan kategori penari terbanyak.

Ribuan penari yang menampilkan tarian legenda rakyat Ketapang tersebut digelar di halaman kantor Bupati Ketapang hingga sepanjang Jalan Jend Sudirman dan sekitarnya, Minggu (22/10/2023) pagi. Dalam tariannya, ribuan penari ini mengenakan baju adat nusantara.

Usai menampilkan tarian Puteri Junjung buih, ribuan penari kemudian menikmati sajian ketupat colet yang menjadi panganan khas Kabupaten Ketapang. Sajian 6.311 porsi ketupat colet ini juga dicatat menjadi rekor Muri, sebagai sajian ketupat colet terbanyak.

Piagam Rekor MURI yang menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang itu diserahkan secara langsung oleh Direktur Operasional Rekor Muri, Yusuf Ngadri kepada Bupati Ketapang Martin Rantan sebagai penyelenggara tarian dan sajian tersebut.

"Dengan ini Museum Rekor Dunia Indonesia menyatakan dan mengukuhkan, bahwa pagelaran tari Puteri Junjung Buih dan Sajian Ketupat Colet kami catat sebagai rektor dunia," ucap Yusuf sebelum menyerahkan piagam Rekor Muri kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang.

images on flikr

Martin Rantan menilai, rekor Muri ini adalah hasil karya seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang. Ia pun mengaku bangga dengan prestasi dan capaian tersebut.

"Hari ini saya yang terima, tapi saya titipkan dahulu dengan panitia Napak Tilas, nanti setelah acara penutupan, baru oleh panitia Napak Tilas dikembalikan ke Pemerintah Daerah untuk disimpan, di dinas mana, atau di mana, nanti tergantung kesepakatan," kata Martin.

Ketua Panita Napak Tilas, Gusti Kamboja, turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, khususnya penari yang mengikuti acara tersebut dengan baik. Kamboja mengatakan, pihaknya bakal membuat duplikat piagam rekor Muri ini, untuk kemudian dibagikan kepada 6.311 penari yang telah mensukseskan Festival Tanah Kayong tersebut.

"Jadi, jangan khawatir, duplikat dari sertifikat ini akan disampaikan kepada seluruh peserta penari melalui organsiasi-organisasi yang mengirimkan penarinya," kata Kamboja.

Pergelaran tarian Puteri Junjung Buih dan sajian ketupat colet berlangsung sangat meriah. Tak hanya dihadiri warga, rangkaian kegiatan Napak Tilas di hari ke dua ini juga turut disaksikan langsung oleh Raja-Raja Nusantara, Perwakilan Kedutaan Besar Belanda, Forkopimda Provinsi Kalbar dan Forkopimda Kabupaten Ketapang.

disadur dari RRI.co.id